TUGAS 1 : Pengantar Bisnis

November 02, 2014


Bidang usaha toko boneka yang menyediakan berbagai jenis dan ukuran boneka masih jarang di temukan di Karawang. Ini yang menjadi alasan utama saya untuk mendirikan usaha took boneka ini. Usaha ini juga merupakan salah satu bidang usaha yang masih bisa bertahan dan bahkan berkembang di dalam kondisi perekonomian Indonesia saat ini.
Toko boneka ini rencananya akan saya beri nama Lucky22. Lucky22 akan dirancang dengan konsep toko yang didesain layaknya sebuah rumah untuk boneka. Dekorasinya pun dibuat semenarik mungkin dengan warna-warna pastel yang lembut.
Lucky22 menawarkan berbagai jenis boneka dengan bahan berkualitas yang tersedia dalam beragam ukuran. Tak hanya boneka saja, Lucky22 juga menyediakan bermacam-macam tas, dompet, tempat pensil, bahkan gantungan kunci dengan model boneka yang menggemaskan. Selain itu, Lucky22 juga menerima pesanan boneka yang sesuai dengan karakter yang diinginkan pelanggan, atau saat ini lebih dikenal dengan nama boneka avatar. Boneka avatar tersebut dapat dipesan satuan ataupun dalam jumlah besar. Boneka avatar ini belakangan sangat diminati terutama sebagai souvenir wisuda ataupun kado ulangtahun.
Untuk pemasarannya, saya akan menggunakan berbagai media sosial yang ada untuk mempromosikan Lucky22. Sehubungan dengan maraknya dan pesatnya pertumbuhan online shop saat ini pun, Lucky22 akan menerima pesanan secara online. Untuk pemesanan boneka secara online, Lucky22 hanya akan menerima pesanan sesuai dengan jam kerja toko. Untuk boneka yang sudah ada, akan langsung dikirimkan hari itu juga setelah pembayaran diterima. Sedangkan untuk boneka avatar, pembuatan boneka akan segera diproses setelah DP diterima dan pelunasan dilakukan saat boneka telah selesai pembuatannya, setelah pembayaran pelunasan diterima maka boneka akan dipacking dan langsung dikirimkan. Untuk waktu pengiriman, saya akan memberlakukan sesuai dengan waktu pengiriman yang disediakan atau ditawarkan oleh agen jasa pengiriman.
Tidak hanya pemesanan secara online, Lucky22 pun akan menyediakan jasa COD. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, katalog untuk produk Lucky22 dapat dilihat di berbagai media sosial yang dimiliki Lucky22. Namun karena beberapa kendala, layanan COD hanya dapat dilakukan untuk Kabupaten Karawang saja. Untuk meningkatkan pelayanan, Lucky22 juga akan memberikan jasa delivery gift dengan kemasan menarik dan akan diberikan kartu ucapan serta rangkaian bunga gratis untuk pembelian boneka yang ditujukan sebagai kado dengan minimal nominal harga tertentu.
Karena persaingan bisnis yang tentu saja bisa dibilang ketat, Lucky22 akan menyelenggarakan berbagai promo berkala. Misalnya saja buy one get one, gratis souvenir, ataupun diskon untuk nominal pembelian tertentu, bahkan juga gratis biaya pengiriman dalam masa promo tersebut.
Pasa masa pembukaan perdana, Lucky22 akan memberikan boneka mungil mascot Lucky22 secara cuma-cuma tanpa minimal pembelanjaan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.