[ Review ] Sambal Terasi Instant

Sebagai pecinta makanan pedas, rasanya kurang afdol buat gue kalo ngga makan pake sambel. Salah satu sambel favorit pastinya sambel terasi. Rasanya endeuuss banget kalo makan ayam goreng pake sambel terasi.

Tapi begitu jadi anak kos, susah dong gue buat bisa nemu sambel terasi. Apalagi, kadang warteg gitu pueeliiitt puooll ngasih sambel nya. Padahal gue termasuk orang yang boros kalo make sambel hihi Rasanya ga puas aja gitu makan nya kalo sambel nya ga melimpah bwahahaha

Akhirnya waktu gue geladi di Telkom Semarang dulu, isenglah nyoba-nyoba beli sambel terasi abc. Dari situ mulai jatuh cinta sama sambel terasi instant. Sejauh ini baru ada 3 merk sambel terasi yang udah gue coba. Berikut review nya manceman~


gambar dari google

Yang pertama gue coba itu ya ini, sambel terasi ABC. Enyakk bok~ Rasanya pas lah di lidah semrawut gue ini. Pedes nya ga bikin panas lidah, bibir, ataupun perut. Harganya kisaran Rp 18.000 kalo ngga salah deh sebotol. Agak lupa juga sih ehehe

Tapi menurut gue, rasanya masih agak kurang rumahan. Kaya gimanaaa gitu. Tapi lumayanlah buat nemenin hari-hari di kosan yang ga memungkinkan buat bikin sambel sendiri hihi


gambar dari google


Nah sambel terasi Finna ini pertama kali gue coba waktu di rumah Emih (Nenek) di Bandung. Agak kecewa awalnya waktu tau ternyata sambelnya bukan ABC, ataupun sambel buatan rumah. Tapi begitu dicoba, eduuuunn~ Nagih banget ini sambel bok~ Rasanya lebih rumahan dan bau terasi nya ga terlalu menyengat menurut gue. Rasa sambelnya tuh kaya lebih ringan aja, dan emang tekstur sambelnya agak lebih encer dibanding ABC.

Begitu kenal sambel ini, tiap belanja pasti nyari nya ya ini sambel. Udah cucok banget di lidah gue. Sama kaya ABC, ngga bikin panas di lidah, bibir, ataupun perut. TOP banget lah~


gambar dari google

Gue termasuk salah satu pecinta produk indofood. Yang paling gue suka itu saos sambel extra pedas nya indofood. Menurut gue, itu saos paling pedes diantara merk lain yang sejenis. Waktu temen gue bawa sambel terasi nya, kepo banget lah gue. Udah ngebayangin gimana cadas nya rasa ni sambel. Tapi temen gue malah menyarankan buat ga makan ni sambel, dan bener aja buat pertama kalinya gue kecewa berat sama produk indofood huhu

Penampakan asli sambelnya beda banget sama foto di kemasan produknya. Warna sambelnya agak kecoklatan gitu dan bisa dibilang alus banget kalo dibandingin sama ABC atau Finna, nyaris ga ada biji cabenya. Dan yang paling jadi masalah buat gue itu, rasanya yang terlalu asin dilidah gue, dan bau nya yang amiiisss banget. Mungkin ada yang justru cinta berat sama bau terasi yang menyengat banget ya, tapi sayangnya itu bukan gue. Bau terasinya yang terlalu menyengat dan rasa terasinya yang tajem banget itu justru yang bikin sambel indofood ini gue coret dari daftar belanja hiks tapi tetep, gue cinta berat sama saos sambel extra pedasnya *nyumnyum*

~

Jadi ya udah ketebaklah ya, gue prefer beli sambel terasi Finna. Selain gue suka rasanya, harganya juga lebih murah, dan warung deket kos gue pun pada ngejualnya ya Finna ini. Tapi namanya manusia, apalagi gue, ya ada kalanya jenuh kalo makan yang itu-itu aja. Jadi, kadang kalo belanja gue selang seling si Finna sama ABC, gantian hihi

Kayanya segitu aja. Selamat bersambel ria ululu~

5 komentar:

  1. Sambal ini bisa langsung disantap tanpa diolah kembali?

    BalasHapus
  2. Bener banget satu selera,,kebetulan lagi rencana buat review sambal abc. Sambel abc pun sampai masuk supermarket asia di luar negeri sanah

    BalasHapus
  3. Antara ABC dan Dinna yang kerasa terasinya yang mana ya?

    BalasHapus
  4. Sambal ABC enak tapi menurut ku terlalu kemanisan (kabanyakan gula) jadi rasanya lebih kaya sambal rujak

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.