Pengertian Sosial Media dan Contohnya (Tugas 1 - PKTI 2)

Maret 19, 2015


Sosial media adalah sebuah media yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan sosial media sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.

Sosial media tekonologi mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum, internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, perangkat, dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis sosial media dalam artikel Horizons Bisnis mereka yang diterbitkan pada tahun 2010.

Menurut Kaplan dan Haenlein ada 6 jenis sosial media, diantaranya :

  1. Proyek Kolaborasi - Website mengizinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun menghilangkan konten-konten yang ada di website tersebut. Contohnya wikipedia.
  2. Blog dan Mikroblog - User lebih bebas dalam mengekspresikanm sesuatu di blog tersebut, seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya twitter.
  3. Konten - Para user pengguna media sosial jenis ini saling berbagi konten-konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan sebagainya. Contohnya youtube.
  4. Situs jejaring sosial - Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Contohnya facebook.
  5. Virtual Game World - Dunia virtual yang mereplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contohnya dragon nest.
  6. Virtual Social World - Dunia virtual yang dimana penggunany6a merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, virtual social world lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan. Contohnya second life.
Sedangkan menurut Rafi Saumi Rustian, salah satu mahasiswa jurusan teknik informatika Unpas, dalam website menulis bahwa sosial media dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian besar, yaitu :

  1. Jejaring Sosial - Sosial media yang digunakan untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Contohnya facebookmyspaceHi5linkedinbebo, dan lain-lain.
  2. Diskusi (Discuss) - Sosial media yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi. Contohnya google talk, yahoo! M, skypephorum, dan lain-lain.
  3. Berbagi (Share) - Sosial media yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berbagi video, file, musik, dan lain-lain. Contohnya youtubeslideshare, feedback, flickr, dan lain-lain.
  4. Publish - Contohnya wordpresswikipediabloggerwikiadigg, dan lain-lain.
  5. Social Game - Sosial media berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama. Contohnya kongregatedoofpogocafe.com, dan lain-lain.
  6. MMO - Contohnya kartriderwarcraftneopetsage of conan, dan lain-lain.
  7. Virtual World - Contohnya habboIMVU, dan lain-lain.
  8. Live Cast - Contohnya yahoo! live, blog tv, justin tv, livestream tv, dan lain-lain.
  9. Live Stream - Contohnya socializr, froendsfreed, socialthings!, dan lain-lain.
  10. Microblog - Contohnya twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeak, dan lain-lain.

Sumber : wikipedia dan website Unpas

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.