TUGAS 2 : Strategi Bisnis ( Matkul Pengantar Bisnis )
Lingkungan
Perusahaan : Faktor Eksternal & Faktor Internal dengan bisnis yang kemarin
A. Membuat strategi
untuk melihat suatu faktor internal dan eksternal
Seperti strategi yang dibuat pada tugas
minggu lalu, saya ingin membuat bisnis toko boneka. Disini saya
akan menjelaskan tentang faktor-faktor pendukung
maupun kelemahan bisnis yang akan saya jalankan ini. Saya akan menjelaskan
dengan dua golongan , yaitu golongan faktor eksternal dan golongan faktor
internal.
Faktor lingkungan internal adalah faktor-faktor yang sangat berperan langsung dan sangat mempengaruhi didalam suatu perusahaan atau suatu usaha.
Contohnya :
1. Tenaga kerja
2. Peralatan dan mesin
3. Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
4. Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
5. Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
Faktor lingkungan eksternal adalah faktor-faktor yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan / suatu usaha.
Contohnya :
1. Keadaan alam, seperti SDA, lingkungan.
2. Politik dan hankam, seperti kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada
3. Hukum
4. Perekonomian
5. Pendidikan dan kebudayaan
6. Social dan budaya
7. Kependudukan
8. Hubungan internasional
9. Pemasok/supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan
10. Perantara, misalnya distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen
11. Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll
12. Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan
1. Keadaan alam, seperti SDA, lingkungan.
2. Politik dan hankam, seperti kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada
3. Hukum
4. Perekonomian
5. Pendidikan dan kebudayaan
6. Social dan budaya
7. Kependudukan
8. Hubungan internasional
9. Pemasok/supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan
10. Perantara, misalnya distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen
11. Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll
12. Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan
Analisa Strategi :
Melihat
faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal yang berpengaruh baik secara
langsung maupun tidak langsung terhadap suatu usaha saya. Ada
kemungkinan bagan analisa strateginya seperti ini :
Kelemahan saya terhadap factor internal :
1. Modal 0,1
2. Tingkat
kepercayaan diri 0,3
3. Tingkat
meyakinkan seseorang 0,3
4.
Takut Rugi 0,3
1.0
Kelebihan
saya terhadap factor internal
:
1. Sistem
informasi 0,4
2. Barang siap jual 0,3
3.
Bahan mentah 0,3
1.0
Kesimpulan
dari bagan analisa strategi saya yang diatas adalah :
Saya mempunyai barang siap jual,
bahan-bahan nya , serta informasi tentang usaha yang bisa saya jalankan ini,
yaitu usaha toko boneka. Di kota asal saya ada konveksi boneka, jadi tidak sulit untuk mendapatkan bahan ataupun boneka yang sudah siap jual. Akan tetapi sayangnya saya termasuk tipikal orang yang mudah bosan. Saya pernah membuat usaha berjualan online juga sebelumnya, dan usaha itu tidak saya lanjutkan lagi karena saya merasa bosan. Di masa yang aka datang, saya harus bisa lebih mengendalikan diri yang memupuk niat yang lebih kuat lagi.
Ya, saya kira itu kesimpulan
dari analisa faktor internal saya. Sekarang
saya akan lanjutkan ke analisa strategi, kelemahan dan kelebihan factor-faktor
eksternal saya.
Kurang lebih analisa strateginya menjadi seperti ini :
Kelemahan saya terhadap factor eksternal :
1. Lingkungan 0,5
2.
Saingan 0,5
1.0
Kelebihan
saya terhadap factor eksternal
:
1. Pemasok /
Supplier 0,5
2.
Perantara 0,5
1.0
Kesimpulan
dari bagan analisa strategi saya yang diatas adalah :
Dari segi kelemahan tentu saja dari segi pesaing . Tidak sedikit orang yang berjualan boneka tentunya, baik dengan membuka toko ataupun secara online. Saya harus benar-benar mencari cara agar pembeli tertarik untuk membeli dan memesan boneksa di toko saya. Untuk kelebihannya, saya mempunyai pemasok yang tidak jauh dari tempat saya tinggal, dan ada pula beberapa orang yang siap menjadi perantara dan membantu saya untuk memasarkan produk saya.
Ya, sekian dari saya untuk
kesimpulan mengenai faktor-faktor internal maupun untuk factor-faktor
eksternalnya. Saya sekarang akan menjabarkan posisi perusahaan saya.
B.
Menggambarkan
Posisi Perusahaan / Suatu Usaha Yang Akan Di lakukan.
Y (EKSTERNAL)
PELUANG 4 3
ANCAMAN
1 2
KELEMAHAN
KEKUATAN X
(INTERNAL)
Nah, dari kesimpulan
atas analisa faktor-faktor eksternal maupun faktor-faktor internal saya,
kemungkinan besar saya berada di posisi nomer 4 jika digambarkan seperti
diatas. Saya mempunyai peluang, tetapi kelemahan saya yaitu saya mudah jenuh dalam melakukan sesuatu, membuat saya
berada di posisi nomor 4. Saya harap nanti saya bisa mengendalikan diri saya agar tidak terlalu mudah jenuh lagi.
C.
Perusahaan
Dan Lingkungan Perusahaan
Saya akan menjelaskan dan mencoba untuk menjabarkan pengaruh-pengaruh perusahaan dan lingkungan perusahaan terhadap perusahaan.
1.
EKOLOGI
Faktor yang mempengaruhi : semakin meningkatnya konsentrasi penduduk, perkembangan teknologi baru, semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi.
2.
EKONOMI
Faktor yang mempengaruhi : urbanisasi, pajak, pertambahan
penduduk dan permintaan masyarakat, serta pengeluaran biaya untuk pertahanan
negara.
3.
SOSIAL
Faktor yang mempengaruhi : kriminalitas.
4.
POLITIK
Fakor yang mempengaruhi : pertahanan keamanan hukum
keputusan dan transaksi perusahaan.
5.
HUKUM
Faktor yang mempengaruhi : keputusan-keputusan serta
transaksi-transaksi dalam perusahaan.
Tidak ada komentar: