TUGAS 4 : Cara Mengelola Karyawan

Januari 23, 2015

6 Langkah Mengelola Karyawan Malas


Mengelola karyawan yang malas bisa jadi merupakan satu tantangan tersendiri untuk anda seorang atasan. Banyak hal yang dapat dikategorikan sebagai kemalasan karyawan, seperti hobi berselancar di dunia maya, pergi keluar saat jam kerja, pura-pura sakit, ataupun mengeluh tentang pekerjaan mereka. Kdang-kadang untuk menghadapi hal tersebut anda mesti sampai memecat mereka. Tetapi apakah itu satu-satunya solusi? Jawabannya tidak, banyak cara yang dapat anda tempuh dalam mengelola karyawan anda yang malas sebelum akhirnya anda memutuskan untuk memecat mereka.

  1. Dokumentasikan situasi. Dokumentasikan secara detail kehadiran karyawan anda, mulai dari jam masuk, coffee break, istirahat makan siang, jam mereka pulang, sampai segala gerak gerik mereka. Lalu anda rekap semuanya dan lihat apakah mereka menggunakan waktu sebagimana mestinya dan berapa kali mereka melakukan pelanggaran serta mals-malasan.
  2. Hadapi karyawan. Setelah anda mendokumentasikan semuanya, berarti anda telah memiliki bukti. Langkah selanjutnya bicaralah dengan karyawan anda, beritahu dan minta mereka menjelaskan mengenai pelanggaran dan kinerja buruk yang mereka lakukan. Cari tahu apakah ada alasan yang sah untuk apa yang anda anggap sebagai kemalasan.
  3. Menetapkan tujuan dan jadwal kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan.  Sering-seringlah memeriksa kinerja karyawan anda, apakah yang mereka lakukan sudah sesuai dengan jadwal dan target yang anda berikan kepada mereka. Beritahukan pula kepada mereka, jika performa mereka mulai menurun, ada harapan bahwa mereka akan kehilangan pekerjaan mereka. Terkadang hal ini cukup efektif untuk beberapa karyawan agar memotivasi mereka bekerja lebih giat.
  4. Fasilitasi karyawan anda.  Seringkali, terhambatnya suatu pekerjaan bukan karena faktor kemalasan karyawan, tetapi karena faktor kurangnya fasilitas atau peralatan penunjang untuk membantu karyawan anda bekerja. Nah inilah tugas anda sebagai pengelola karyawan untuk menyediakan fasilitas tersebut. Pastikan peralatan kantor yang dapat menunjang pekerjaan karyawan tersedia dengan baik, jika perlu berikan juga mereka pelatihan tambahan.
  5. Dorong karyawan untuk memprioritaskan tugas yang lebih penting dahulu. Kadang seorang karyawan hanya kewalahan dengan apa yang harus mereka kerjakan, sehingga mereka menjadi kelihatan malas.
  6. Luangkan waktu untuk bertemu dan mengecek langsung karyawan anda ke lapangan, bukan hanya dari balik meja. Pastikan kinerja mereka tetap unggul dan tidak mengulangi pelanggaran yang pernah mereka perbuat.


SUMBER lihat disini yaa :)

1 komentar:

  1. untuk dapat mengelola karyawan yang malas ini memang susah-susah gampang. tapi terima kasih atas tipsnya ya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.