Random | Lebaran di Luar Harap - PART 2

dessyrinata - lebaran kecelakaan bpjs malam takbiran bandung


Hello, Dear,

ada yang nungguin gak sih kelanjutan cerita lebaran aku? Kalau kalian belum tau kisah lebaran aku tahun ini, kalian bisa baca PART 1-nya di sini ya.

Ya, ampyuunn lama banget baru aku bisa lanjutin ya. Maapkeeuunn diriku ini eperibadeeehh~

Jadi, gimana setelah aku dijemput Papa?

Kalau kalian pernah ke Bintang Alam, atau pernah ke rumah aku, atau tau Masjid Al Barkah Bintang Alam, jarak dari lokasi kecelakaan aku ke rumah Jati Indah, kurang lebih sama kayak jarak lampu merah Bintang Alam ke rumah aku, ke Masjid Al Barkah. Sedeket itu, seenggaknya bagi kami.

Tapi, Papa gak bawa aku langsung pulang. Papa puter haluan menuju ke IGD RS Muhammadiyah Bandung. Kenapa kesitu? Karena itu RS terdekat dari lokasi kami saat itu.

Kami sampai IGD sekitar jam 2-an, dan, iya, sepi. Seiingetku cuma ada 2 perawat dan 1 dokter jaga. Aku gak langsung ditangani, masih harus nunggu proses pendaftaran selesai, baru masuk IGD dan dapet tindakan. Aku semacam diobservasi, ditanya-tanya sambil tangan dicoba gerakin ke segala arah.

Nggak, gak sakit yang gimana-gimana. Cuma rasanya linu, pegel, dan kayak ada yang nyangkut waktu ngelakuin beberapa gerakan. Si dokter muda (umur dokternya masih muda, gengs, aa-aa wkwkw) ngerujuk untuk rongent biar tau masalah sebenernya. Harapannya, tulang aku cuma dislokasi aja, dan bisa 'diakalin' supaya bener.

Setelah buka semua per-besi-an, aksesoris, dan iykwim, aku dibawa suster pakai kursi roda ke bagian radiologi. Posisinya, untuk meredakan nyeri, aku refleks selalu taruh tangan kanan aku di bahu kiri sambil agak ditahan supaya bahu kirinya gak terlalu banyak gerak. Semakin gerak, semakin linu soalnya.


Oh iya, aku udah bilang belum, sih, baju sama celana aku gak ada yang sobek. Cuma item-item bekas gesekan aspal di bagian tertentu, dan bolong sedikit, kecil, di bahu kiri bagian belakang. Bekas item gesekan aspal itu, meski pun bajunya udah dicuci masih gak ilang, dong. Selain itu, Baper lututnya lecet karena pake celana pendek, dan ada memar di pinggang kanan dengan sedikit ruam.

Jadi ya, kalau kalian berkendara, selalulah pakai celana panjang, mencegah lecet kalau terjadi hal-hal yang gak diinginkan kayak gini. Helm juga penting banget, meski pun kepala aku sama Baper gak ada yang kebentur, tapi helm kami sama-sama lecet. Mungkin ada gesekan ke aspal yang gak kami sadari. Kebayangkan kalau kami gak pakai helm, mungkin kepala kami yang lecet, deeeuuuhh ngweeriiii~

Tas yang aku pakai, talinya menghitam. Tas Baper robek segaris. Udah, sisanya helm lecet, dan body depan si Bluek pecah bersama spion kiri.

Balik lagi ke IGD, sehabis rongent aku bisa istirahat di kasur IGD. Sayangnya, aku minta bantal gak dikasih. Sedih. Alasannya, ini IGD bukan ruang rawat inap. Hmmmm....

Padahal aku merasa butuh bantal buat ganjel bahu dan tangan aku biar gak terlalu linu. Tapi, yasudahlah. Pakai yang ada aja. Selimut yang dilipet-lipet sama Baper.
Menunggu hasil rongent gak lama. Terus kami dipanggil si Aa Dokter yang ngasih tau kalau tulang  SELANGKA aku patah. Aku ulangi ya, tulang SELANGKA. Bukan selangkangan. Gak sedikit yang chat aku ngira tulang selangkangan aku yang patah. HAHAHA. Selangka ya, gengs, ga pake NGAN di belakangnya. Bahasa dokternya mah clavicula.

Terus abis itu ntar ada yang nanya, gimana perasaannya pas tau tulang patah? Menurut nganaaa???? Ya shock lah pasti ya. Antara percaya sama enggak. Karena sebelumnya, jaman sekolah, aku pernah patah tulang tangan kanan, dan warbyasah sakitnya, ini kan ngga. Mana lagi aku juga sama sekali gak kelihatan kayak orang sakit. Memar gak ada, ruam gak ada, bengkak ga ada, merah2 dikiiiittt aja juga enggak.

Aa dokter langsung menyarankan untuk operasi pasang pen, gak ada jalan medis lain, katanya. Itu satu-satunya pilihan yang bisa diambil secara medis. Tapi, dokter spesialisnya juga gak ada, ya malem lebaran ya, cuy, namanya juga. Bakal berusaha dihubungi untuk konsultasi dulu.

Dengan perasaan yang luar biasa galau, aku minta pulang ke Aa dokter, tapi Papa kekeuh mau di RS aja. Sewaktu nunggu Aa dokter konsultasi sama dokter spesialis, aku ngerengek pulang aja ke Papa, tapi, ya begitu.

Lumayan lama juga nunggu kabar dari Aa dokter. Sampe terus kami dipanggil lagi ke mejanya. Katanya, dokter ada, tapi, di sini gak bisa nanganin karena keterbatasan alat. Aku direkomendasi untuk dirujuk ke RS Santosa (Santosa Hospital Bandung Central - SHBC). Kalau oke, Aa dokter bakal siapin administrasi rujukannya. Papa langsung okein dong.

Sumpah ini masih galau banget, asli. Dengan banyak pertimbangan dan diskusi sama Baper, aku bilanglah ke Aa dokter, mau pulang aja. Mahal, bok. Lu kate operasi pasang pen kayak beli telor gulung. Udah mah takut dioperasi, disuntik2, denger biayanya juga bikin pengen salto. Tapi, si Aa dokter gak kasih, dia bilang konfirmasi dulu ke Papa, hmmmm. Dipanggil lah Papa masuk algi, ya kamu tau lah ya jawabannya, udah rujuk aja. Padahal aku berpikir urut ajalah.

Dan waktu berasa lama banget berjalan. Ternyata, menjelang lebaran ini, banyak juga yang masuk IGD. Sedih, depan aku ada kakek-kakek kritis, padahal keluarganya udah rapi banget pake baju lebaran. Terus ada pasien bapak-bapak, ibu-ibu juga, duh, ramelah.

Selama nunggu itu, aku gak diapa-apain, cuma sekali aja disuntik pereda nyeri. Udah, itu aja. Sekitar jam 5 atau 6 Mama dateng, terus gak lama dipanggil lagi untuk beresin administrasi dan dikasih surat rujukan. Berangkatlah kami ke RS Santosa (SHBC). Btw, Om Beni udah pulang bawa motornya Baper.


Sampe RS Santosa (SHBC) aku sama Baper turun di lobby IGD, Mama sama Papa parkirin movil dulu. Pas daftar IGD sambil kasih rujukan lalu terjadilah percakapan ini.

Perawat : Oh, yang kecelakaan ya. Pasiennya dimana?
Aku : *denganmukabegoangkattangan* Saya
Perawat : *ngeliatindariataskebawah* Loh, jalan sendiri?
Aku : Iya *manggutmanggut*
Perawat : Perawat dari sana mana?
Aku : Gak ada *gelenggeleng*
Perawat : *mukakaget* Loh, gak dianter ke sini?
Aku : *muka bingung* Enggak (lalu berpikir dalam diam, emang harusnya dianter ya?)
Perawat : Kirain dianterin, yaudah masuk aja dulu, biar Aa nya (Baper maksudnya) urus administrasi dulu ya

Masalah antar mengantar itu lalu jadi pembahasan kami seharian wkwk. Apa seharusnya emang dianter atau enggak? Apa tadinya mau dianter tapi kaminya ngeloyor pergi aja? Apa karena kami gak urgent jadi gak perlu diantar? Tapi, tak ditemukan jawabannya sampai hari ini. Haha.

Oh iya, kasur IGD di sini dikasih bantal tanpa harus minta. Kusenang huhu. Tangannya jadi bisa diganjal. Gak lama nunggu juga langsung disamperin sama dokter jaga dan beberapa perawat yang perkenalan, terus diminta tunggu sebentar untuk pemasangan infus dan sebagainya. IGD-nya besar, bok. Dan lebih ramai lagi! Hampir semua bed terisi.

Sekitar habis solat Ied terus keluarga Jati Indah pada dateng, salam-salamannya jadi di IGD, deh. For the first time in forever. Semoga kali ini aja ya. Besok-besok gak usah lagi. Kita lebaran di rumah aja.

Babay rendang nikmat, kari mantap, kentang sedap. Huhu. Untung kemaren buka puasa udah icip-icip menu lebaran. Hehe.


Gak ngerti juga jam berapa dokter orthopedi dateng. Perempuan. Namanya dr. Azeta Arif, aku kira laki-laki padahal. Gaya dokternya khas banget, unik. Slengean gitu, tapi, baiknyaaa luar biasa. Aku nanya panjang lebar, sampe hal-hal sepele dan gak penting aja dia ladenin, dong. Bener-bener detail banget semua info yang dia kasih. Bahan plat apa yang bakal dipake, model jahitannya, resiko bekas lukanya, sampai digambar contoh prediksi jahitan dan lokasi pasang pen di bahu kanan aku.

Kata dia, gak usah takut keloid, ntar suntik aja. Tapi, beda sama dokter lain yang biasanya cenderung menenangkan dengan bilang 'gak apa-apa, gak begini, gak begitu'. Dia justru bilang 'sakit, pasti. berbekas dong, pasti. bekasnya kayak cicak. iya, keloid pasti' dan hal-hal negatif lainnya. Huaaa. Positifnya, aku jadi mempersiapkan diri untuk segala kemungkinan terburuk.

Jadi, sampai sini masih ada yang mau kamu kepoin gak? Wkwkwk

Aku operasi besok harinya, karena masih harus nunggu dr Azeta cari-cari alat yang dibutuhkan, karena alatnya gak ready. Harus dikirim dari Jakarta, dan ini hari lebaran. Bisa operasi tanggal 6 aja syukur sekaliiii. Nunggu konfirmasi alat pun gak sebentar, hmmm.

Untuk detail operasi nanti aku buat di post terpisah yaaa.

Makasih banyak loh buat yang mau baca curhatan gak jelas ku ini. Hehe. See you on my next post~



Love,

rin dessyrinata ❤


Instagram : @dessyrinata
Facebook : Zahrina Amaliani Dessyrinata
Twitter : @dessyrinataa


Ditulis di Karawang, 08 Agustus 2019

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.