Random | Lebaran di Luar Harap - PART 1

liburan lebaran kecelakaan bandung ojol grab gojek

Hello, Dear,

lama tak bersua, ya. Jadi, gimana puasa kamu kemarin? Ada bolos berapa hari, nih? Gak kerasa ya Ramadhan udah 2 minggu meninggalkan kita. Semoga kita masih bisa ketemu lagi dengan Ramadhan selanjutnya. Amin.

Sebelum aku lanjut bercuap ni, aku mau ucapin Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H bagi kita semua. Mohon maaf kalau di hari-hari ke belakang aku ada salah kata dan perbuatan, ya, Dear.

Jadi, gimana lebaran tahun ini? Semeriah tahun sebelumnya kah? Atau justru bukannya bersuka cita malah dirundung duka cita? Semoga apa pun yang terjadi di lebaran tahun ini bisa diambil hikmah dan jadi pelajaran berharga bagi kita semua, ya, terutama diri aku sendiri.

Tepat di hari H Idul Fitri dini hari jam 01.30 waktu Bandung, aku sama Baper kecelakaan di perjalanan dari Jamika ke Buah Batu, tepatnya di Jalan Karawitan depan PHD banget persis. Buat yang tahu, Jalan Karawitan itu udah deket banget sama rumah Uci (nenek aku dari pihak Mama) di Jalan Jati Indah 2.
Kondisinya waktu itu mungkin emang aku masih setengah ngantuk. Jadi, sebelumnya, di malam takbiran sekitar jam 9-an aku dan Baper memutuskan jalan keluar naik motor buat nyari kerudung abu untuk dipake di hari H lebaran. Pergilah kami ke Griya tapi ternyata udah tutup. Lanjut deh ke Borma. Setelah pilah-pilih kerudung yang pilihannya udah gak banyak lagi, beranjaklah kami ke kasir. Lalu, jeng jeng jeng. Antriannya terlalu luar biasa. Menyerah dong, aku sama Baper bukan tipe orang yang rela antri terlalu lama untuk sesuatu yang gak terlalu mendesak, bisa dibeli lain kali, bisa diganti barang lain, bisa beli di lain tempat.

Jadilah kerudung abunya aku taruh lagi di rak dan kami cus ke Jamika dengan harapan pasar kagetnya masih buka. Kalau enggak, ya udah, ke tempat Emih (nenek aku dari pihak Papa) aja yang emang di Jamika Lama.

Yang follow instagram aku @dessyrinata mungkin ada yang lihat snapgram aku yang ngerekam perjalanan aku dari Buah Batu menuju Jamika. Voila, pas nyampe Jamika masih rame banget, dong. Legaaaa, aku masih bisa sempet beli kerudung. Itu sekitar jam 10-an. Mampirlah kami taruh motor di rumah Emih. Pas terus ketemu Rama, adik sepupu aku, dipinjemlah motor Baper sama Rama buat ke vapestore.

Iya, aku sama Baper ke Jamika jalan kaki dari rumah Emih, karena emang deket banget. Setelah kerudung kebeli, lagi-lagi buat yang follow instagram aku @dessyrinata mungkin juga ada yang lihat aku snapgram green thai tea murah cuma 10rb aja, itu di Jamika, pinggir jalan, beres banget beli kerudung, terus beli lumpia basah, dan langsung pulang ke rumah Emih.

Pas pulang, Rama belum dateng. Baper nunggulah di warnet, dan aku ketiduran di kamar bareng Ina.
Di sinilah mungkin awal mula 'petaka' terjadi. Makanya, Dear, emang omongan orang tua tu harus didengerin, harus nurut. Sekitar jam 1-an aku dibangun Baper, diajak pulang ke Jati Indah, karena emang semua baju kami ada di sana, dan emang niat solat Ied di sana. Aku bisa inget samar-samar aku denger Ua Tini, Ua Oneng, Rama, semua masih nahan kami pulang. Katanya, pulangnya nanti pagi aja, abis Subuh. Tapi, dasar, Baper ngeyel pulang dengan alasan gak ada baju, dan takut kesiangan solat Ied. Aku, dengan masih agak sempoyongan, ngantuk, manut aja, ngintil aja.

Nah, selanjutnya, aku gak tahu ya, tapi, rasanya setiap aku abis celaka, ingetan di otak aku tu kayak kesensor, sepotong-sepotong, aku cuma bisa inget dengan jelas waktu pamitan pulang dan waktu aku dibantu bangun dari aspal, masa di antara itu tuh kayak samar-samar banget. Selalu begitu. Gak cuma kali ini.

Yang aku bisa inget, kami gak lewat jalan yang sama kayak waktu berangkat. Kami milih lewat BKR terus lewat belakang Hotel Horison. Tapi, aku inget banget kami gak ngebut, kami sambil sesekali ngobrol. Tiba-tiba di depan PHD, Baper ngerem, aku bisa lihat ada motor di depan kami sebelah kiri, dan yang terjadi maka terjadilah. Motor itu, mendadak belok kanan, menuju arah sekolahan, aku lupa nama jalannya. Baper udah berusaha ngerem, tapi gak dapet, jadilah kami nabrak kanan belakang motor itu, yang dikendarai bapak-bapak berjaket ojol.

Aku meluk Baper, dan jatuh ke sebelah kiri dengan keras. Kalian tahu motor R15? Bagi aku, jok penumpangnya cukup tinggi, dari situlah aku jatuh, bareng sama motor, tanpa keseret, karena, emang gak ngebut. Kalau ngebut mah aku udah terbang kali, atau keseret jauh. Begitu tubrukannya terjadi, dan aku ngehantem aspal, semuanya sempet kelihatan gelap sesaat, aku cuma bisa denger Baper teriak "Nyalain SEIN-nya, Pak!" dengan nada tinggi dan marah.

Semua kerasa kayak slow motion buat aku. Begitu cahaya mulai kelihatan lagi, entah tadi aku merem atau emang pandangan aku yang buram, aku bisa lihat Baper nyamperin aku, nanya kondisi aku. Dari arah Indomaret lari 2 orang nyamperin aku, yang 1 bantu aku berdiri, yang 1 balik lagi ambil air mineral. Motor ada di serong kanan depan aku, di serong kanan motor aku lihat Bapak Ojol (no offense ya, karena dia bapak-bapak dan pakai jaket ojol, yang bisa aku inget cuma itu) masih di aspal, kakinya ketindihan motornya sendiri, dan, lampu SEIN-nya mati.

Waktu dibantu berdiri, aku bisa ngerasa ada yang gak beres sama bahu kiri aku. Kaku, kalau digerakin linu banget luar biasa. Refleks yang aku lakuin secara naluriah adalah memposisikan tangan kiri aku kayak pake armsling dan naro tangan kanan aku di bahu kiri, nahan supaya bahu kiri aku gak terlalu banyak gerak, karena aku pikir aku keseleo, takut bahuku makin geser.
Aku dibantu duduk di depan bengkel di seberang PHD. Terus dikasih minum air mineral. Disusul Baper naro motor di deket aku, dan si Bapak naro motor agak di tikungan. Orang-orang yang tadi nolong kami lalu pamitan. Tinggal kami bertiga.

Sambil nahan-nahan linu, badan gemeteran karena shock, agak mual juga mungkin karena shock dan nahan nyeri (kepala aku gak kebentur btw), aku bisa lihat Baper dan si Bapak saling meriksa motor masing-masing dan mulai berdebat. Motor Baper diparkir dalam keadaan mati, sedangkan si Bapak dalam keadaan hidup dan SEIN-nya nyala, dong! Bukannya mau suudzon ya, tapi, gimana dong, jelas-jelas tadi mati loh sein-nya, seakan kayak nyari pembenaran dari orang kalo sein dia hidup sedari tadi.

Aku yang males berdebat, langsung ngajak Baper pulang. Udah ajalah, capek. Lalu, keluarlah seorang bapak-bapak dari dalem bengkel. Nanyain ada apa, dan bla bla bla. Baper beberapa kali nanyain kondisi aku, aku gak banyak ngomong, memilih diam.

Menurut si Bapak Ojol, dia udah ngasih sein 5 meter sebelum belok, aku nyengir kuda aja dengernya. Bapak Ojol ini ribut aja mau lapor polisi, Baper ngeiyain, aku yang masih nahan-nahan nyeri dengerin mereka aja. Si Bapak Ojol ini sibuk neleponin seorang anggota polisi yang aku gak bisa inget namanya, tapi, si Bapak Bengkel juga kenal nama polisi itu. Sayangnya, polisi ini gak bisa dihubungi, teleponnya gak diangkat. Ya, aku sih logika aja, ya, dini hari gini, mau lebaran, luar biasa juga sih kalo ni polisi mau angkat telepon.

Aku mulai merespon waktu si Bapak Ojol ngeluh mulu pas neleponin polisi sambil bilang, "Duh, mana mau lebaran lagi".

Kujawab dengan agak sinis dong, "Lah, Pak, emang Bapak doang yang mau lebaran? Kita juga kali!"

Si Bapak Ojol masih aja grundel-grundel. Aku kesel banget waktu dia bilang, "Gimana, nih? Mana kaki saya kejepit motor lagi".

Sambil nahan sakit, capek, kesel banget dengernya, manusiawi gak, sih? Kusentaklah Bapak Ojolnya, "Pak, Bapak cuma kakinya ketindihan motor masih bisa berdiri aja ngeluuuuhh mulu! Saya bahunya gak bisa gerak aja dari tadi diem aja!" Aku bener-bener emosi banget pas ini.

Rasanya pengen nangis. Hopeless. Aku akhirnya mutusin buat nelepon Papa. Percobaan kedua baru teleponnya diangkat, nangislah aku ngerengek minta dijemput, ngerengek kesakitan. Kalau diinget lagi, sih, kayaknya aku bukan nangis kesakitan, tapi, lebih karena kesel, mumet.

Gak lama setelah telepon ditutup, Bapak Ojolnya melangkah cepet ke motornya, dong. 

Baper ngejar sambil bilang, "Loh, loh, Pak, mau kemana?"

Lalu, YESSS, cus kabur, dong. KABUR, gengs. Melesat.

Bapak-bapak yang ribut aja mau bawa kasus ke polisi, laki-laki yang ngeluh aja kakinya ketindihan motor, bisa jalan dan kabur secepat itu. Bravo~


Aku diem aja? Enggaklah. Aku yang udah terlanjur kesel, ngomel-ngomelin Baper yang diem aja. Aku suruh Baper ngejar. Tapi, Baper gak mau. Bapak Bengkel juga bilang percuma dikejar orangnya kayak begitu, emang gak ada itikad baiknya. Ya, kita sama-sama tahu aja berarti siapa yang salah. Dia kabur berarti dia takut, merasa salah. Gitu katanya.

Gak lama, Papa sama Om Beni dateng. Baper naik motor sendirian, sedangkan aku naik mobil. Setelah Papa dan Om beni rundingan, aku bukannya dibawa pulang, papa malah puter haluan bawa aku ke IGD RS Muhammadiyah.

Iya, lebaranku dihabiskan di IGD. Bye baju sarimbit. Bye kerudung abu. Kata Baper, ini gara-gara kerudung. Harusnya gak usah beli kerudung aja. Bakar aja kerudungnya. Haha.

Kalau ada yang tanya, foto ktpnya gak, catet platnya gak, inget mukanya gak, oh, jelas ENGGAK. Aku sama Baper gak dalam keadaan cukup stabil emosinya untuk bisa inget hal mendetail kayak gitu. Padahal sebenernya hal kayak gitu penting banget. Harap maklumi kami sama-sama shock, sama-sama luka. Tapi, sejujurnya aku ada sedikit harap di hati kecil aku semoga si Bapak mengingat rupa aku dan Baper dan bisa ketemu aku entah dimana dan lihat kondisi aku seperti apa hari ini.

Kalau mungkin, entah kebetulan, atau Allah memang menggariskan demikian, si Bapak tetiba baca tulisan aku ini, dan kesentil hatinya. Aku harap semoga di kemudian hari, Bapak gak perlu ada di posisi aku. Kalau, semoga enggak, tapi, kalau, nanti Bapak terpaksa berhadapan dengan kejadian serupa, terlepas siapa pun yang salah, terlepas apa pun keputusan akhirnya, Bapak bisa tetap dengan bijak menyelesaikannya dengan diskusi baik-baik, bukan kabur tanpa jejak.

Buat yang nanyain Aa, Alhamdulillah waktu aku sama Baper mau jalan itu, Aa udah bobo, jadi gak diajak, ditinggal di Jati Indah. Allah masih melindungi Aa, Alhamdulillah. Makasih banyak untuk doa-doanya, untuk yang liburan lebarannya nyempetin nanyain kabar aku, telepon, vc, wa, dm, makasih banyak, ya. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Selanjutnya gimana? Ada apa sama bahu aku? Gimana lebaran aku? Bakal aku lanjutin di PART 2, ya. Ini udah panjang banget. See you on my next post~



Love,

rin dessyrinata ❤


Instagram : @dessyrinata
Facebook : Zahrina Amaliani Dessyrinata
Twitter : @dessyrinataa


Ditulis di Karawang, 19 Juni 2019

15 komentar:

  1. Mbak semoga hari ini kondisinya sudah membaik dan bahunya kembali seperti sedia kala. Aamiin Terkadang kalau sudah kejadian sesuatu baru ya kita berpikir "kalau aja---kalau aja" tapi mungkin itu emang udah takdir yang Allah gariskan. Seneng banget baca postingan mbak dessy, nyeritainnya enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang lagi masa pemulihan. Betul banget mbak. Wah, terima kasih banyak untuk doa dan ucapannya ya mbak.

      Hapus
  2. Aduh baca nya jadi ikut geregetan. Semoga skrg sdh baikan yaa.. insya Allah ntar dpt gantinya

    BalasHapus
  3. Gregetan sendiri bacanya, lebaran yang tak sesuai harapan, semoga ga keulang lagi yah beb

    BalasHapus
  4. Kenapa aku bacanya gregetan juga jadinya ya kak? Semoga ini terakhir kali ya kak. Pasti nanti dapat gantinya

    BalasHapus
  5. Kesel banget pengen nemuin tu si ojol masa kurang ajar banget main kabur

    BalasHapus
  6. Semoga Mbaknya semakin membaik ys sekarang. Aku jg sakit nih akibat kecelakaan

    BalasHapus
  7. yang sabar ya kak, ku jadi penasaran sama yang part 2 nya,

    BalasHapus
  8. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.